Tuesday, July 17, 2012

Jauhi Iri Hati dan Dengki diantara Kita.


Jauhi Iri Hati dan Dengki diantara Kita.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:

أَمْ يَحْسُدُونَ النَّاسَ عَلَى مَا آتَاهُمُ اللهُ مِنْ فَضْلِهِ

“Ataukah mereka (Orang-Orang Yahudi) Dengki kepada Manusia (Muhammad) lantaran Karunia yang telah Allah berikan kepadanya?”(Qs.{4}:54).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَلاَ تَحَاسَدُوا

Janganlah Kalian saling Iri dan Dengki.” (HR. Muslim).

Dalil-Salil di atas menunjukkan Haramnya “Hasad (Iri dan Dengki). Oleh karena itu, wajib bagi setiap Muslim untuk bersungguh-sungguh menjaga Dirinya dari Penyakit tersebut, serta khawatir Dirinya akan terjatuh padanya. Juga senantiasa berupaya membersihkan Diri darinya. Karena Hasad itu sangat tersembunyi di dalam Jiwa, sewaktu-waktu bisa muncul dan membinasakan Dirinya bahkan bisa menghancurkan Persahabatan dan Persaudaraan yang telah terjalin. Sehingga dari Iri Hati dan Dengki itu, akan melahirkan sifat Su’udzan (Buruk Sangka) terhadap Orang lain. Sehingga pada titik lemahnya, dia pun akan berbuat Fitnah terhadap siapapun yang dia merasa Iri dan Dengki terhadapnya terlebih dia mempunyai kepentingan karena merasa TERSAINGI……. Na ‘uudzu billaahi min dzalik. Dan itu bisa dan telah terjadi diantara Kita sebagai Sahabat sendiri…. Astaghfirullaahal ‘adziim.

“ Hasad itu hakikatnya adalah apabila Orang lain yang menerangkan Kebenaran, maka dia (Orang yang dalam Hatinya ada Iri dan Dengki) menganggap bahwa bila dia meyakini Kebenaran tersebut berarti dia mengakui Kelebihan Ilmu dan Keutamaan Orang itu, serta mengakui Kebenaran yang ada pada diri Orang tersebut. Sehingga akan semakin membesarkan Kewibawaannya di mata Umat. Barangkali Orang yang mengikuti dia akan semakin banyak. Sungguh Engkau akan dapati sebagian Orang yang berambisi menyalahkan Orang lain adalah dari kalangan Ulama, walaupun dengan cara yang Bathil sekalipun. Hal itu terjadi karena Kedengkiannya dan upaya menjatuhkan kedudukannya di mata Umat. Kebanyakan terjadinya saling Iri dan Dengki itu adalah di antara Orang-Orang yang Seusia, Sederajat, Seprofesi, atau bahkan Sekelas”. Wallaahu A’lam BIshshawab.
 
 

1 comment:

..::..aRe-Na..::.. said...

Smg perasaan iri hati dan dengki dijauhi dr kita..:-)

Pertandingan Mewarna Adik & Kakak Sertai

Hari ni adik & kakak masuk pertandingan mewarna. Tapi biasalah main dengan anak-anak pra sekolah ni, mak pak plak yang kalut mewarn...